Eksotisme Pulau Lombok, The Island Of South Sea Pearl

Pulau Lombok dengan luas 5435 kilometer persegi ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau yang sering kali dijuluki “Surga Mutiara Laut Selatan” ini memiliki panorama alam yang sangat eksotik, keindahan tersebut berwujud bentangan pesisir pantai dengan pasir putihnya, pulau-pulau kecil dengan panorama dan karakteristik unik, serta kemegahan Gunung Rinjani yang tak mudah ditaklukan. Pun demikian dengan seni budaya yang ada di Pulau Lombok, siapa tak mengenal keramahan suku Sasak Lombok? Gaungnya terdengar hingga ke seluruh dunia. Keindahan alamnya pun membuat para wisatawan memberikan julukan “Bali Kedua” Indonesia.

Pulau Lombok kerap diidentikan dengan keindahan Pulau Dewata Bali. Keindahan pantainya, eksotika fenomena matahari tenggelam, kekayaan baharinya, hingga kemegahan “pakubumi” yang menjulang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk tak melewatkan keduanya dari daftar tujuan destinasi mereka. Namun satu yang unik, jika Pulau Bali dijuluki Pulau Seribu Pura, maka Lombok disebut Pulau Seribu Masjid. Pun Lombok terkenal sebagai salah satu penghasil mutiara terbaik di Indonesia.
Pesona Trio Gili

Gili merupakan sebutan bagi daratan kecil atau pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan, sehingga gili terlihat sebagai sebuah pulau terapung di tengah luasnya lautan. Gili-gili nan cantik ini menyajikan panorama indah berupa air yang sangat jernih, pasir putih, terumbu karang serta berbagai jenis biota laut. Selain itu di kawasan ini kualitas udara yang sangat baik lantaran tidak ada motor ataupun mobil yang menyebabkan polusi, adapun kendaraan yang biasa digunakan berupa Cidomo (Gerobak yang ditarik kuda). Tiga gili di pulau Lombok yang sangat terkenal antara lain Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Berbeda dengan Gili Air dan Gili Meno yang lebih hening, Gili Trawangan justru menawarkan hingar bingar musik setiap malamnya.

Selain trio gili tersebut masih banyak gili-gili lain di pulau Lombok yang tak kalah cantiknya, saperti Gili Kondo, Gili nanggu, Gili kedis, gili Sudak, Gili Poh, Gili Bidara, Gili Tangkong, Gili Lampu, Gili Gede, Gili Lontar , Gili Rengit, Gili Layar, Gili Asahan, Gili Genting, Gili Goleng dan gili-gili lainnya yang belum tereksplorasi.
Pantai-Pantai Menawan

Tak hanya pantai di gili-gili yang menawan mata, keindahan pantai di Pulau Lombok juga bisa anda temui di beberapa pantai lainnya, seperti Pantai Senggigi, Pantai Pink atau Pink Beach, Pantai Kuta, Pantai Elak-Elak Sekotong, dan lain sebagainya.

Layaknya pantai Kuta-Bali, keindahan pantai Senggigi didominasi oleh para pengunjung yang ingin menikmati panorama serta fenomena matahari tenggelam. Sementara itu, setali tiga uang dengan Dreamland di Bali, pantai Kuta-Lombok didominasi oleh aktivitas para peselancar. Berbeda dengan dua pantai tersebut, Pantai Pink atau disebut juga Pink Beach di Lombok menawarkan keindahan tersendiri, yakni warna pasirnya yang terlihat berwarna merah jambu merona atau pink. Pantai berpasir pink di Pulau Lombok ini merupakan Pantai Pink kedua di Indonesia. Warna pink pada pasir pantai ini terjadi karena pasir putih yang menyatu dengan butiran-butiran terumbu karang berwarna merah, dan berefek kemerahan setelah bercampur air laut, kemudian pantulan sinar matahari dan terpaan air laut membuat warna pink pada pasir ini semakin terlihat. Terumbu karang berwarna merah ini tumbuh di perairan dangkal yang terbawa ombak ke tepian. Warna pink pada pasir pantai ini sangat bervariasi, pagi hari 20-30%, siang hari 50% dan semakin sore,warnanyapun akan terlihat jelas, antara 80-90 %. wah sungguh sangat menawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *