Pemasaran Busana Muslim Melalui e-Commerce

Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM, Agus Muharram menyatakan, bahwa teknik penjualan busana Muslim yang dilakukan Ikatan Perancang Busana Muslim (IPBM) tidak lagi hanya menggunakan pola lama, yaitu memajang produk‎-produk busana Muslim di toko-toko. “Kita sudah masuk era digitalisasi. Saya menghimbau agar para desainer IPBM sudah mulai melakukan teknik penjualan secara online, atau e-commerce. Intinya, IPBM harus sudah melek digital agar pemasarannya bisa masuk ke pasar global melalui website”, kata Agus dalam acara Milad IPBM ke-20, di Kota Bandung.

‎Agus pun menyatakan dukungannya terhadap upaya IPBM dalam meningkatkan promosi dan penjualan busana Muslim melalui pameran-pameran. “Terlebih lagi saat ini peminat busana Muslim terus meningkat dari tahun ke tahun di semua kalangan, termasuk di luar negeri”, kata Agus.

Agus berharap, melalui promosi dan pameran-pameran‎ yang kontinu dapat meningkatkan nilai tambah dari busana Muslim yang dihasilkan para desainer yang tergabung dalam IPBM. “Kinerja tersebut bisa dilihat dari berapa nilai transaksi dari setiap pameran yang diselenggarakan. Setiap tahun harus terus dievaluasi seperti apa peningkatannya. Kalau meningkat, berarti berhasil”, papar dia.

Selain itu, lanjut Agus, dengan pameran dan fashion show seperti itu, maka bisa diketahui kemajuan tren busana Muslim, dari mulai modelnya, coraknya, hingga selera konsumennya. “‎Saya juga berharap bahwa tren mode busana Muslim dari para desainer IPBM tetap menampilkan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia”, tandas Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum IPBM Meeta A Fauzan mengatakan, pasar busana Muslim terus meningkat, baik di pasar domestik maupun luar negeri. “Selama ini, kita sudah menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas-komunitas Muslim seperti di Australia dan Eropa Timur melalui KBRI kita disana. Melalui komunitas itulah kita memperkenalkan produk busana Muslim kita ke masyarakat sekitar”, ‎pungkas Meeta. (Ikhsan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *