PNM Layani UMKM Prasejahtera Produktif

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merupakan sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang 100% sahamnya dimiliki Pemerintah. Kelahiran PNM bertujuan untuk menciptakan sebanyak mungkin pengusaha baru dari kalangan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK) yang tangguh, mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja, berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip bisnis pada umumnya.

Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (Persero), Parman Nataatmadja mengatakan, strategi perusahaan di 2017 adalah penguatan jaringan kantor layanan yang saat ini hanya 1.110 kantor layanan menjadi 1.800 kantor layanan. Perluasan jaringan kantor layanan berdasarkan titik-titik jaringan yang mengacu pada potensi-potensi di tiap wilayah. Selain dari perluasan kantor layanan, diperkuat juga dari sistim IT dan SDM yang kompeten pada bidang pembiayaan serta pendampingan usaha mikro.

Guna meningkatkan pelayanan kepada nasabah, PNM telah memiliki jaringan layanan PNM ULaMM dan Mekaar melalui 1.110 kantor cabang seluruh Indonesia lebih dari 4.000 kecamatan. Sejak awal beroperasi hingga akhir Desember 2016, ULaMM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 26.02 triliun kepada 4.083.331 para pelaku UMK.

Selain aktivitas layanan pembiayaan, PNM juga konsisten menjalankan aktivitas peduli pengembangan UMKM berupa pendampingan dan pelatihan manajemen yang dikenal dengan nama program PKU (Pengembangan Kapasitas Usaha). Program PKU dibagi dalam dua kegiatan utama berupa Klasterisasi Teritorial dan Klasterisasi Sektoral Industri UMKM.

Masih ada aktivitas lain terkait kinerja PNM, salah satunya giat promosi keunggulan produk UMKM binaan hingga pelosok daerah. Produk mereka dihadirkan oleh PNM dalam berbagai ajang pameran maupun festival tingkat daerah dan nasional. Seperti hal, dalam ajang Festival Borneo dan juga Pameran Inacraft tahunan.

Keikutsertaan produk nasabah PNM dalam berbagai pameran dan festival juga diharapkan dapat meningkatkan akses pasar dan jaringan bisnis nasabah maupun layanan.

Program PKU merupakan bagian terintegrasi dari bisnis PNM sebagai BUMN yang dikhususkan bagi pemberdayaan UMK. Kegiatan pelatihan dan pembinaan usaha ini sekaligus menjadi wadah pertunjukan informasi produk dan kerjasama antar nasabah sehingga berdampak positif terhadap bisnis nasabah maupun Perseroan. (Adyan Soeseno)

 

Inacraftmagz/Adyan Soeseno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *