Kembangkan Mebel dan Kerajinan di Luar Jawa

Industri mebel dan kerajinan merupakan salah satu industri prioritas karena mampu menghasilkan produk bernilai tinggi, berdaya saing global, sebagai penghasil devisa negara serta menyerap tenaga kerja yang cukup signifikan.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengajak pelaku industri mebel dan kerajinan untuk mengembangkan usahanya di luar pulau Jawa. Hal itu perlu dilakukan untuk mendekati pusat bahan baku, mendorong efisiensi produksi, serta sebagai upaya pemerataan industri dalam menumbuhkan ekonomi daerah.

Menurut Airlangga Hartarto, daya saing industri mebel dan kerajinan Indonesia di pasar global terletak pada sumber bahan baku alami yang melimpah. Diharapkan pelaku industri mebel dan kerajinan untuk membangun usahanya hingga ke daerah perbatasan sehingga mendekati pasar ekspor dan mengurangi kesenjangan ekonomi.

Dalam upaya mendorong pengembangan industri mebel dan kerajinan nasional diperlukan sinergi kebijakan untuk mewujudkan Indonesia incorporated, khususnya di seluruh mata rantai industri mebel dan kerajinan. Selain itu, Airlangga Hartarto menegaskan, pelaku industri mebel dan kerajinan dituntut harus memiliki militansi dan nasionalisme dalam artian ulet, tangguh dan pantang menyerah serta mengutamakan kepentingan nasional dalam menghadapi persaingan yang semankin ketat.

Dorongan pembangunan sentra industri mebel dan kerajinan di luar Pulau Jawa bertujuan guna mendekati dengan sumber pasokan bahan baku. Hal ini diharapkan dapat mendukung ekspansi industri yang terkait.

Diharapkan, pelaku industri mebel dan kerajinan yang ada pada saat ini dapat menyebarkan virus positif terkait pengelola industri yang kuat hingga ke wilayah perbatasan dan daerah yang kaya bahan baku. (Ahmad Jauhari)

 

Inacraftmagz/Ahmad Jauhari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *