Ida Leman Melestarikan Seni Melalui Pendidikan

Jakarta РKekayaan seni budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia, dari Sabang sampai Marauke adalah keutamaan nilai seni yang tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa lain. Untuk itu, kita harus dapat melestarikan keberagaman karya seni Nusantara tetap tumbuh dan tidak diambil oleh negara lainnya. Hal ini diungkapkan Ida Leman, artis senior Indonesia saat ditanya mengenai kerajinan Indonesia.

Salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan seni kerajinan Indonesia adalah melalui jalur pendidikan seni baik secara formal maupun non formal. Pendidikan diperankan sebagai jembatan untuk memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada generasi sekarang dan yang akan datang.

“Bagaimana menciptakan seni lokal yang penuh dengan multi etnik berdasarkan nilai-nilai falsafah hidup yang terdapat di setiap daerah.” Ujar Ida Leman.

Sebagai artis ditahun 80-an, Ida Leman, yang pernah memerankan Mbak Pur dalam sinetron LOSMEN yang ditayangkan di TVRI mencontohkan, kini yang sedang trend adalah kain batik, bagaimana peran pendidikan mampu memberikan pembelajaran yang akurat, dan aktual kepada generani muda negeri ini, bagaimana proses membatik yang baik dan benar tercipta berdasarkan karakteristik suku-suku yang terdapat diseluruh kepulauan Indonesia.

“Melalui pendidikan seni kita dapat membangun solidaritas antara sesama anak bangsa untuk dapat saling menghargai, yakni dengan rasa bangga memakai produk-produk asli karya dalam negeri, dan bagaimana seluruh elemen pendidikan mampu memotifasi kita semua untuk mengingkatkan mutu produk kerajinan seni Nusantara kepada dunia Internasional.” Jelas Ida Leman.

Saat ini, Ida Leman sedang menggeluti bisnis butik pakaian muslim, dengan keseluruhan material dari bahan baku produksi sandangnya berasal dari bahan asli Indonesia, seperti kain batik, tenun dari berbagai daerah diseluruh propinsi Nusantara. Inilah peran yang dimainkan seorang pecinta seni untuk turut serta melestarikan nilai seni budaya, khususnya kain-kain asli Indonesia yang sangat mempesona dunia. (Agus Sukmadi)

 

Inacraftmgaz/Ade Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *