T-shirt Bermotif Batik Nusantara Produksi Giffa Indonesia

Jakarta – T-shirt menjadi populer karena merupakan jenis busana yang simple untuk dikenakan sehari-hari, tidak hanya bisa dipakai sebagai dalaman, namun juga elegan sebagai luaran. Model T-shirt yang sederhana ini nyaman dikenakan oleh Pria maupun Wanita dan cocok dikenakan pula untuk semua golongan usia. Bahkan saat ini T-shirt (kaos oblong) dijadikan simbol kebebasan berekspresi dalam berbusana bagi kaula muda.

Kini T-shirt telah ambil bagian dalam dunia fashion. Para pebisnis pakaian jadi menyadari bahwa T-shirt dapat menjadi media promosi yang cukup efisien karena memenuhi beberapa hal, yaitu: Biaya produksi yang murah, dapat dibuat secara massal serta bisa dijadikan sebagai souvenir.

Melihat potensi bisnis yang terdapat pada produk T-shirt yang sangat fleksiber dengan kekinian itu, Giffarin Ridwandana mencoba memanfaatkan peluang itu dengan menciptakan T-shirt dengan sentuhan etnik nusantara. Dengan mengusung label Giffa Indonesia, Alumni ITB Bandung Jurusan Tekstil ini berkreasi dengan menyuguhkan konsep produk kaos bermotif Batik.

Batik yang digunakan pada desainnya adalah Batik Cap, Batik Kombinasi Cap serta Batik Tulis. Tujuan Giffa Indonesia menghadirkan T-shirt bermotif batik adalah untuk memberikan edukasi bagi kaula muda agar lebih mencintai karya seni nusantara, khususnya batik karena sarat dengan keindahan budaya bangsa. Ciri khas T-shirt kasual Giffa Indonesia terletak pada muatan budaya lokal yang trendy.

Produknya cukup mendapat tanggapan positif di sejumlah pasar tradisional di seputaran Bandung. Pada tahun 2010, Giffa yang saat ini telah menjadi ibu rumah tangga, mulai kewalahan menangani permintaan pesanan produknya, hal ini kemudian menuntunnya untuk mencari pinjaman modal yang cukup guna memenuhi target pesanan tersebut. Mandiri Kredit Mikro dari Bank Mandiri menjadi solusi bagi Giffa, dengan Kredit Modal Kerja bercicilan bunga rendah itulah Giffa kemudian bisa mengembangkan usaha skala mikronya menjadi lebih produktif lagi.

Kini rumah produksi Giffa Indonesia didukung oleh 5 (Lima) karyawan tetap pada bagian marketing dan produksi serta 4 (empat) tenaga vendor yang diperbantukan untuk mengerjakan proses pembatikan dengan metode cap serta teknik menjahitnya.

Karakter utama produk T-shirt kasual keluaran rumah produksi Giffa Indonesia yang bermarkas di bilangan Bintara, Bekasi ini terletak pada motif batik populer yang digunakan. Diantaranya adalah motif Parang, Kawung dan Megamendung. Kreasi yang diusung Giffa Indonesia tidak hanya terbatas pada memasukkan unsur batik dalam setiap desain produknya, namun juga memperhatikan sisi kepribadian para penggunanya.

Hingga kini, rumah produksi Giffa Indonesia telah menghasilkan lebih dari 1.500 jenis produk dan lebih dari 1.000 model T-shirt. Komitmen Giffa Indonesia dalam menjaga orisinalitas serta mutu produk yang berkualitas merupakan bentuk dari kepercayaan yang diberikan oleh konsumennya.

Sejak berdiri, kegiatan pemasaran produk Giffa Indonesia menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp, serta digawangi dengan layanan publikasi dunia maya seperti Blogger dan Website resminya, www.giffaindonesia.com. Strategi ini digunakan untuk menghemat biaya promosi. Disamping itu, sejumlah kegiatan pameran produk kerajinan yang difasilitasi baik oleh swasta maupun BUMN pun rajin diikuti oleh Giffa Indonesia seperti Pameran Inacraft di JCC, Jakarta.

Guna lebih mengembangkan potensi diri, Giffa pun mengikuti sejumlah kegiatan pelatihan untuk menjadi pebisnis tangguh dan profesional, salah satunya adalah ajang Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) pada tahun 2012 lalu. (Agus Sukmadi)

 

Inacraftmagz/Ade Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *