Universitas Mercu Buana Tumbuhkan Minat Reportase dan Personal Branding Siswa SMK

Universitas Mercu Buana (UMB) bersama 12 orang mahasiswanya yang tergabung dalam P12 menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dan hubungan masyarakat (Humas) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Widya Patria 2, Jakarta Barat, Selasa, (23/5). Kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Bidang Studi Hubungan Masyarakat ini mengusung tema workshop “Public Relations in a Citizen Journalism”.

 

Tak hanya menyelenggarakan workshop, UMB juga sekaligus menggelar kegiatan amal. Ini dilatarbelakangi bentuk kepedulian UMB bersama P12 di bidang pendidikan dalam misi mencerdaskan bangsa yang diwujudkan melalui pemberian workshop secara gratis di sekolah, khususnya sekolah dengan tingkat ekonomi dan kelayakan menengah ke bawah.

 

UMB pun serius menggelar workshop ini dengan menghadirkan para professional di bidangnya sebagai keynote speakers. Tema “Public Relations in a Citizen Journalism” dilatarbelakangi oleh trend global seiring perkembangan zaman, di mana masyarakat non wartawan pun dapat membuat pemberitaan. Ini juga ditunjang dengan infrastruktur teknologi yang kian berkembang terutama media sosial.

 

Dengan demikian, UMB berharap dapat merangsang minat siswasiswi untuk berlatih jurnalistik dan branding Humas sejak dini sebelum mereka menjadi professional. Tiga orang keynote speakers yang dihadirkan berprofesi didunia jurnalistik. Pemateri pertama berprofesi sebagai News Anchor TV One Brigita Manohara. Brigita melatih kepercayaan diri dan teknik berbicara didepan kamera saat membuat sebuah vlog (video blog) dalam citizen journalism. Brigita juga meminta para siswa untuk mempraktekkan teknik berbicara langsung di depan para peserta acara.

 

Pemateri kedua merupakan News Producer Liputan 6 Dwi Firmansyah, S. Ikom., M. Ikom. Dwi membahas tentang pembuatan dan pengemasan konten dalam memproduksi sebuah video online. Dwi juga membahas tentang pentingnya mem-branding diri sebelum kelak mem-branding sebuah institusi jika menjadi seorang Public Relations. “Sekarang banyak sekali selebritis internet seperti selebgram, blogger, vlogger dan lainnya. Sampai Presiden Joko Widodo saja nge-vlog. Anda harus punya konsep. Anda juga harus bisa menciptakan branding terhadap diri anda sendiri,” tuturnya.

 

Pembicara terakhir berprofesi sebagai Fotografer Majalah SWA Wisnu Triraharjo. Wisnu yang pernah berpengalaman sebagai seorang Public Relations memberikan pelatihan teknik fotografi kepada peserta, khususnya teknik fotografi kehumasan. Wisnu juga membuat simulasi sebuah seremoni dan teknik pengambilan gambarnya. “Foto harus memiliki makna, angle sangat menentukan hasil foto anda,” ujarnya.

 

Rika Yessica Rahma, S. Psi., M.Ikom selaku Dosen Pengampu dan Pembina Acara dalam sambutannya mengatakan acara ini adalah acara yang baik untuk memupuk cita-cita generasi muda. “Acara ini merupakan acara yang sangat positif dan bermanfaat untuk diikuti siswa-siswi SMK. Tidak hanya untuk memperkenalkan dunia humas dan jurnalistik kepada para generasi muda, ini juga akan memupuk cita-cita mereka, sehingga mereka memiliki bayangan profesi di dunia kehumasan dan jurnalistik seperti apa. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut, dan dapat terus menginspirasi generasi muda lainnya. Tidak hanya dibidang humas, jurnalistik, namun dibidang profesi lainnya,” tutur Rika.

 

Selain mengadakan workshop, UMB juga melaksanakan kegiatan amal dengan memberikan peralatan salat seperti mukena, sajadah, sarung dan Al Quran untuk ditempatkan di Mushola SMK Widya Patria 2 yang sedang dalam proses pembangunan. UMB bersama P12 berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kehumasan dan jurnalistik siswa-siswi SMK Widya Patria 2 dan menginspirasi mereka dalam meraih citacitanya. (Achmad Ichsan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *