Presiden Jokowi Hadiri Harkopnas 2017 di Makassar

Setelah mengikuti acara Parade Kudab Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di Lapangan Galatama, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Presiden Joko Widodo langsung menuju kota Makassar, Sulawesi Selatan untuk menghadiri puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional 2017.

Presiden Jokowi yang turut didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi itu terbang menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia 1 dan telah tiba di Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar, sekitar pukuk 15.40 WITA, Rabu (12/7/2017). Rombongan langsung menuju lapangan Karebosi, tempat dilangsungkan acara Harkopnas 2017.

Menteri Koperasi AAGN Puspayoga menyambut kedatangan Jokowi bersama rombongan. Kedunya langsung menuju panggung utama. Duduk dalam deretan bangku Jokowi, di antaranya Gubenrur Sumsel Sahrul Yasin Limpo, Walikota Makassar Muhammad Ramdan Pomanto, dan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid.

Hari Koperasi yang diperingati setiap 12 Juli menjadi momentum istimewa pada tahun ini. Hari Koperasi Nasional memasuki usia ke-70 sejak pertama kali ditetapkan dalam Kongres Koperasi I di Tasikmalaya pada 1947.

Peringatan kali ini mengangkat tema “Koperasi Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan untuk Memperkokoh NKRI”. Dengan dihadiri ribuan pegiat koperasi dari seluruh tanah air, dan para pemangku kepentingan dari Kemenkop UKM, serta dinas-dinas Koperasi dan UKM.

Dalam rangkaian peringatan Hari Koperasi ke-70 juga akan diselenggarakan Kongres Koperasi III pada 12–16 Juli 2017. Kongres juga akan dibuka secara resmi Presiden RI Jokowi dan diisi oleh berbagai narasumber dari menteri Kabinet Kerja dan sejumlah ekonom. Sebagai informasi, Kongres Koperasi II dilaksanakan 67 tahun lalu, yakni pada 1953 di Jawa Barat.

 

InacraftMagz/Ahmad Ikhsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *