Para Pemenang JFW Model Search 2017 Bersinar di Asia Model Festival 2017

Meraih Berbagai Penghargaan Khusus dan Masuk 10 Besar Asia Model Festival 2017

Di usianya yang ke – 10 tahun ini, Jakarta Fashion Week (JFW) semakin memantapkan diri untuk membawa Indonesia ke pentas dunia. Tak hanya para desainer, tetapi juga model-model yang merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah pergelaran fashion. Berbagai kemitraan internasional yang baru pun terus dijalani untuk mewujudkan visi tersebut. Salah satunya adalah dengan Korea Model Asspciation (KMA), yang berhasil mengirimkan lima model pria dan wanita ke Korea Selatan, untuk mewakili Indonesia di ajang Asia Model Festival 2017, yang berlangsung pada 22-24 Juni 2017 lalu di Chang Choong Gymnasium, Seoul.

Kelima model tersebut adalah Bianca Fischer, Lie Buntaran, Michelle Frendiaz, Adrianus Yudha, dan Evanny Wityo. Mereka adalah para pemenang JFW Model search 2017, yang audisinya digelar selama Maret hingga Mei lalu di Bali, Surabaya, Medan, dan Jakarta.

Tak kurang dari 1.000 model pria dan wanita dari keempat daerah dan sekitarnya itu mengikuti ajang bergengsi tahunan yang bertujuan menyaring talenta model untuk tampil di runway JFW tersebut. Dan pada Minggu, 7 Mei 2017, bertempat di atrium Lippo Mall Kemang Village, Jakarta, 24 model yang merupakan finalis JFW Model search 2017 beradu kemampuan modeling di hadapan panel juri Рyang terdiri dari Lenni Tedja (Direktur JFW), Ai Syarif (Creative Avisor JFW), Kim Jeong Ho (Direktur KMA), Lee Sun II (General Manager KMA), Kim Soo Bin (CEO Oracle Entertainment), Juwita Rahmawati (Face of JFW 2017), Intan Ferisya (F&G Model Talent Agency), perwakilan sponsor, serta top model asal Korea Selatan, Lee Sun Jin, sebagai gues judge, untuk meraih gelar sebagai Face of Indonesia dan menjadi perwakilan Indonesia di Asia Model Festival 2017.

Setelah dua minggu menjalani proses karantina, mengikuti pelatihan modeling dan make-up, audisi untuk fashion show, hingga kegiatan bersama sponsor dan penjurian dengan juri dari berbagai negara, kelima pemenang JFW Model search 2017 itu pun meraih sejumlah penghargaan khusus di Asia Model Festival 2017.

Bianca Fischer menjadi Pemenang Wanita Pilihan Insit Purience, Michelle Frendiaz Pemenang Wanita Pilihan Haniwon, Lie Buntaran Pemenang Pria Pilihan Liu & Lei, Adrianus Yudha terpilih sebagai K-Friends dari Visit Korea. Selain itu, Bianca Fischer dan Lie Buntaran pun berhasil masuk 10 besar Asia Model Festival 2017.

“Keikutsertaan mereka di ajang internasional tersebut tentu saja dapat menjadi langkah awal dan kesempatan besar untuk bersinar dan menunjukkan bakat di dunia modeling profesional kelas dunia,” ujar Lenni Tedja, selaku Direktur JFW.

Asia Model Festival memang merupakan ajang pencarian bakat model terbesar dan paling bergengsi di Asia. Ajang yang telah berlangsung selama 12 tahun tersebut juga menjadi tempat yang berpotensial bagi sejumlah agen top model terkemuka di industri fashion dari Paris, New York, maupun negara-negara lain, untuk menemukan bakat-bakat baru di dunia modeling, yang bisa mewakili keunikan dan keragaman budaya Asia. Bertujuan memperkenalkan dunia model serta bisnis mode dan kecantikan Asia, Asia Model Festival telah tertera sebagai ikon utama industri kebudayaan Asian, dan media kebudayaan global.

Tahun ini, sebanyak 80 model pria dan wanita yang berasal dari 27 negara Asia, antara lain Korea Selatan, Tiongkong, Jepang, Mongolia, Filipina, India, Malaysia, Myanmar, Thailand, Indonesia, Vietnam, Kazakhstan, Uzbekhistan, Turmenishtan, Kyrgyshtan, Tajikshtan, Nepal, Kamboja, Hong Kong, Macau, Srilanka, Singapura, Arab Saudi, Bnagladesh, Taiwan, bersaing ketat untuk merebut posisi puncak dari masing-masing kategori model pria dan wanita.

Selain kelima pemenang JFW Model Search 2017 yang bersinar di Asia Model Festival 2017, Juwita Rahmawati, Face of JFW 2017 sekaligus brand ambassador JFW, yang akrab dipanggil Wita, dianugerahi Indonesia Model Star 2017 dalam Asia Model Awards, yang juga menjadi rangkaian dari Asia Model Festival 2017. Penghargaan dari KMA itu diberikan setiap tahun kepada para model internasional terpilih yang sosoknya berpengaruh di dunia modeling negara masing-masing.

Selama acara Asia Model Festival 2017, Wita hadir sebagai model star, berdampingan dengan sejumlah top model Asia, antara lain Ase Wang dari Singapura, Chris Wu dari Taiwan, juga Saruul Tugs dari Mongolia. Tak hanya itu, Wita juga menjadi mentor tak resmi para model Indonesia yang berkompetisi di Asia Model Festival 2017, sekaligus ikut mempromosikan Indonesia dengan tampil mengenakan busana rancangan Albert Yanuar dan Billy Tjong, yang tergabung dalam Indonesia Fashion Forward.

Billy Tjong pun menjadi satu dari sejumlah desainer Korea dan Asia lain, yang koleksi busananya dibawakan oleh para peserta Asia Model Festival 2017 runway.

 

InacraftMagz/Agus Sukmadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *