SMESCO Indonesia Sukses Menyelenggarakan Perayaan satu Dasawarsa SMESCO

SMESCO Indonesia telah selesai menggelar perayaan Satu Dasawarsa sebagai wujud Dedikasi SMESCO untuk KUMKM Indonesia yang dikemas dalam berbagai rangkaian acara yang digelar dari tanggal 18 sampai 21 Juli 2017 di Gedung Smesco Jakarta.

Direktur Bisnis & Marketing, LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM Bagus Rachman mengatakan, dalam rangka 1 Dasawarsa SMESCO Indonesia 2017, SMESCO telah sukses menggelar acara yang diberi judul SMESCO Business Festival yang berlokasi di SMESCO RumahKU (rumahnya koperasi dan UMKM).

Acara SMESCO Business Festival merupakan Business Deal Meeting yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 18 sampai 20 Juli 2017 di gedung serbaguna Nareswara lantai 4. “Acara tersebut bertujuan, untuk mempertemukan para KUMKM Mitra SMESCO dengan para potential buyer dari dalam dan luar negeri, para pelaku bisnis ritel modern dan perhotelan serta para pelaku bisnis e-commerce atau market place,” ucap Bagus.

Dalam acara tersebut, lanjutnya, sekitar 750 orang pelaku KUMKM bertemu dengan sekitar 150 partner bisnis. Hasil dari pertemuan tersebut, diperolehnya informasi pasar (marketing intelligent) secara langsung oleh para pelaku KUMKM atas kebutuhan dan keinginan dari para partner bisnis, baik dari sisi kualitas produk, kuantitas serta kapasitas produksi yang dapat memenuhi permintaan. “Bahkan, respon dari potential buyer, pelaku bisnis ritel modern dan pelaku e-commerce mengharapkan acara seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan, sehingga perluasan akses pasar peoduk KUMKM unggulan dapat dilakukan dengan adanya temu bisnis seperti ini,” ujar Bagus.

Sebagai acara pendukung, tambah Bagus, SMESCO juga menggelar berbagai acara seperti Festival Kuliner Nusantara di halaman depan gedung SMESCO RumahKU yang menjadi rezeki tersendiri bagi sekitar 30 pedagang kuliner khas Indonesia, yang melayani seluruh pengunjung acara.

Di dalam exhibition hall, SMESCO Indonesia juga menggelar pameran produk lokal unggulan dari berbagai provinsi dan kabupaten, yang dimeriahkan dengan berbagai acara workshop dan sarasehan yang dapat memberikan wawasan bagi para generasi muda tentang kewirausahaan dan manajemen. “Di area depan exhibition hall juga disajikan pentas music akustik dan tradisional,” imbuhnya.

Sementara itu, di ruang creative stage lantai 2 Galeri Indonesia WOW diselenggarakan berbagai acara capacity building serta acara student company competition yang terselenggara atas kerjasama dengan stakeholder terkait. Sedangkan di Rumah Desain, basement satu, kami selenggarakan fashion show yang diisi oelh para desainer ternama ibu kota.

“Harapan kami dari terselenggaranya acara ini adalah semakin banyak stakeholder terkait yang ikut serta memberdayakan pelaku KUMKM Indonesia dan semakin banyak pihak yang dapat melakukan kerjasama dengan kami sebagai lembaga teknis pemerintah yang diberi tugas untuk mempromosikan dan memasarkan produk KUMKM,” terang Bagus.

 

InacraftMagz/Ahmad Ikhsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *