The 11th Resources of Indonesia Craft: Crafina 2018

Jakarta, (10/10/18) – Keragaman Budaya, Suku dan Etnik Indonesia sebagai negara kepulauan tercermin dalam keragaman seni dan kerajinan sebagai hasil karya bangsa yang bernilai seni tinggi. Keanekaragamaan seni dan kerajinan tersebut, terlepas dari nilai-nilai kearifan budaya lokal yang terkandung di dalam, juga menjadi sektor industri unggulan dalam negeri. Dimana produk-produk tersebut mulai menjadi sebuah tren postif dan diaplikasikan dalam aktivitas dan gaya hidup sehari-hari khususnya di kalangan generasi muda. Perkembangan produk industri kreatif Indonesia mengalami kemajuan yang sangat signifikan, sehingga menjadi salah satu pemasok devisa dan penggerak perekonomian nasional.

Industri ini cukup menarik minat banyak pelaku ekonomi untuk mulai menjajaki prospeknya. Indonesia, sebagai negara yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berkecukupan dan dengan pasar yang cukup menjanjikan baik di dalam maupun di luar negeri, menjadi daya tarim tersendiri bagi para pelaku kreatif untuk terus mengembangkan kreatifitas dan inovasi produknya. Tentunya dengan dukungan pemerintah daerah dibantu dengan pemerintah pusat, melalui program dan kebijakan-kebijakan ekonomi kreatifnya, terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mencintai dan menggunakan Produk Indonesia, khususnya produk kerajinan.

Pameran CRAFINA kini kembali diselenggarakan untuk ke-11 kalinya. Pameran CRAFINA memamerkanproduk kerajinan unggulan berbasis bahan baku yang cukup tersedia dan dihasilkan oleh produsen dan perajin dari seluruh Indonesia. Pameran yang diinisiasi oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bersama Mediatama Binakreasi ini akan memanjakan para Stakeholder industri kerajinan Indonesia dengan showcase produk-produk unggulan sebagai trendsetter  Kerajinan Nusantara.

Dengan tema “Form Natural Resources to Creative Product for Lifestyle”. Pameran ini akan mengumpulkan berbagai produk kerajinan terbaik persembahan anak negeri, diantaranya produk fashion unggulan meliputi Batik, Tenun, Songket, serta produk kerajinan tangan lainnya seperti aksesoris, perhiasan, perlengkapan dekorasi ruangan dan lainnya.

Pemanfaatan dan penggunaan produk kerajinan saat ini sudah menjadi tren lifestyle negara-negara berkembang di duni tidak terkecuali di Indonesia. Untuk tahun ini, CRAFINA yang direncanakan akan diresmikan oleh Ketua Umum Dekranas, Ibu Mufidah Jusf Kalla, diselenggarakan pada tanggal 10-14 Oktober 2018 di JCC, Senayan. Lebih dari 400 perusahaan kerajinan Indonesia yang menempati stand di Main Lobby, Pleanary Hall dan Assembly Hall. Dengan jumlah peserta tersebut menunjukan bahwa UKM kerajinan Indonesia telah mampu berkembang dan mandiri serta mampu bersaing dengan negara-negara lain. Selama pameran ini ditargetkan transaksi ritel dan kontak dagang CRAFINA tahun ini mencapai 20 Milyar Rupaih, dan jumlah pengunjung mencapai 40.000 Pengunjung.

Para pengunjung dan pembeli dari dalam dan luar negeri diharapkan dapat menemukan produk-produk kerajinan berkualitas utuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, tanpa melupakan aspek kelestarian lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan.. oleh sebab itu, melalui CRAFINA 2018 diharapkan agar pelaku Industri kerajinan terus mengembangkan ide, kreasi, dan inovasi baru sehingga menghasilkan produk-produk kerajinan yang ekslusif dan memiliki nilai jual tinggi di pasar Internasional agar nantinya industri kerajinan dapat dijadikan sebagai penopang ekonomi rakyat yang senantiasa akan terus tumbuh dan berkembang di masa mendatang.

Penyelenggaraan pameran CRAFINA tahun ini akan dimeriahkan oleh berbagai acara menarik seperti,

Komunitas Talk Show & Demo:

  • Stling Wasta Nusantara bersama Yudha Perdana (textile consultant)
  • Brewing Kopi Indonesia bersama Ardian Maulana (Direktur IBREW)

Workshop:

  • Daur Ulang Koran Bekas & Daur Ulang Sisa Kain bersama Gawekoe.art
  • Belajar Membatik bersama Sanggar Batik Kembang Mayang

Hiburan:

  • Pertunjukan kesenian Sumatera Utara dari Dinas Pariwisata Prov. Sumatera Utara
  • Musik : Kolintang Bapontar
  • Musik : Orkes Keroncong Swaramangun

Kuliner Nusantara

Informasi jadwal dan selengkapnya dapat mengunjungi website dan official media sosial CRAFINA 2018.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *